Sabtu, Oktober 26BANYUWANGINET
Shadow

Tradisi dan Budaya Banyuwangi Tumbuhkan Perekonomian Lokal

Tumpeng Sewu Banyuwangi
Tradisi Tumpeng Sewu Banyuwangi

BanyuwangiNet.com – Tradisi dan budaya turun-temurun di Banyuwangi terus tumbuh dan berkembang, menjadi daya tarik wisata yang diminati wisatawan.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengungkapkan kekayaan budaya daerah tersebut kini banyak diintegrasikan dalam paket-paket wisata oleh berbagai travel agent.

Salah satunya tradisi Tumpeng Sewu. Tradisi masyarakat suku Osing Banyuwangi itu telah menarik perhatian wisatawan baik domestik maupun mancanegara. “Kekhasan semacam ini banyak diminati wisatawan. Wisata tradisi ini juga bisa memperpanjang lama tinggal wisatawan di Banyuwangi,” ujar Ipuk.

Baca Juga: Banyuwangi Kolo Semono, Sajikan Sejarah, Budaya, dan Tradisi Masa Lampau

Menurut Ipuk, memasukkan atraksi budaya dalam paket wisata bukan hanya mempromosikan kekayaan budaya Banyuwangi, tetapi juga meningkatkan perekonomian lokal.

Wisatawan yang terlibat dalam pengalaman budaya cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di destinasi, memberikan dampak positif pada bisnis lokal seperti penginapan, kuliner, dan kerajinan tangan.

Baca Juga: Jaga Kualitas Hidup para Sepuh dengan Sekolah Lansia

Ipuk menambahkan Pemkab Banyuwangi terus mendukung pengembangan wisata budaya ini melalui berbagai program. “Kami terus berupaya menjaga dan mengembangkan tradisi serta budaya lokal, agar tetap lestari dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” katanya.

Dengan semakin meningkatnya minat wisatawan terhadap atraksi budaya, Ipuk berharap tradisi-tradisi khas Banyuwangi dapat terus terjaga dan menjadi bagian integral dari industri pariwisata daerah tersebut.

“Ini adalah salah satu cara kami untuk memastikan bahwa warisan budaya Banyuwangi tidak hanya tetap hidup, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat,” tutup Ipuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *