Sabtu, Oktober 26BANYUWANGINET
Shadow

Urai Permasalahan di Desa, Bupati Ipuk Gesah Bareng Kades

Untuk mengurai permasalahan yang ada di desa, Bupati Ipuk gesah bareng kades untuk mencari dan mendapat solusi bersama.

BanyuwangiNet-Desa menjadi salah satu fokus utama Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani. Sejak pertama dilantik, Ipuk langsung membuat program Bupati Ngantor di Desa atau Bunga Desa untuk mengetahui langsung kondisi desa dan menerima langsung masukan warga desa.

Kali ini Ipuk “Gesah Bareng” atau ngobrol bersama kepala desa (kades) untuk mengurai permasalahan-permasalahan di desa. Untuk tahap pertama, Ipuk gesah berang kades-kades di Wilayah I yang mencakup lima kecamatan yakni, Wongsorejo, Kalipuro, Glagah, Giri, dan Licin.

“Gesah Bareng ini untuk bersama-sama mengurai permasalahan yang ada di desa dan mendapat solusinya. Permasalahan apa yang mungkin sulit untuk dipecahkan pemerintah desa, bisa dibantu oleh pemerintah kabupaten,” kata Ipuk, saat Gesah Bareng dengan Kades, di Kantor Kecamatan Kalipuro, Selasa (2/8/2022).

Unik! Pesantren di Banyuwangi Ini Ajarkan Santrinya Mocoan Lontar Yusup

“Saat ini harapan warga terhadap desa sangat besar. Perhatian pemerintah terhadap desa juga sangat besar. Karena itu apabila ada permasalahan, mari kita carikan solusinya bersama-sama,” tambah Ipuk.

Dalam Gesah tersebut Ipuk mengajak seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar bisa mengeksekusi langsung persamalahan tersebut.

Seperti Kepala Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Abdul Wafa, yang menanyakan kelanjutan pasar Bajulmati usai terbakar. “Untuk pembangunan pasar Bajulmati saat ini tengah proses lelang, dan bulan depan pembangunan bisa dimulai,” kata Ipuk.

Demikian juga Kepala Desa Ketapang, Slamet Utomo, Kecamatan Kalipuro, yang meminta bantuan pembuatan lansekap blue print destinasi wisata yang ada di Desa Ketapang. “Di desa kami banyak destinasi wisata baru yang kami kembangkan seperti destisnasi air. Ada pihak ketiga yang ingin membantu melakukan perbaikan dan pengembangan, namun kami terkendala di pembuatan blue print lansekap. Mungkin bisa dibantu,” kata Slamet.

Perkenalkan “Padyang Smart Card Glenmore Banyuwangi”, Kartu Nama dari Limbah Pertanian dengan Fitur Augmented Reality

Bupati Ipuk langsung mengintruksikan Dinas PU Cipta Karya, Dinas PU Pengairan, untuk membantu Desa Ketapang pembuatan blue print yang dibutuhkan. Ipuk juga mengintruksikan kepada kecamatan untuk membentuk tim agar membantu pendampingan desa terkait reformasi agraria.

Demikian juga permintaan-permintaan kades terkait pembangunan dan perbaikan jalan yang paling banyak disampaikan. Ipuk menyampaikan tahun ini ada 1000 titik jalan yang diperbaiki dan dibangun. Pemkab Banyuwangi juga akan memberikan alokasi PIK (Pagu Indikatif Kecamatan) Insfrastruktur Jalan dan PIK Kelurahan/Desa (Alokasi Dana Kelurahan/Desa), selain PIK Reguler yang telah rutin diberikan di tahun-tahun sebelumnya.

PIK Infrastruktur Jalan merupakan perhitungan berdasarkan realisasi PBB sebelum jatuh tempo, atau diberikan atas reward kinerja realisasi PBB masing-masing desa. “Kami sediakan PIK infrastruktur jalan sekitar Rp 23,4 M bagi desa yang telah melunasi target pembayaran PBB di wilayahnya,” jelas bupati perempuan itu.

UMKM Bangkit, Pembuat Spunbond Banyuwangi Bisa Jual 10 Ribu Tas Tiap Bulan

Ipuk juga berterima kasih atas kerja keras kades selama ini. Pada tahun ini, dalam Indeks Desa Membangun dari
Kementerian Desa, Banyuwangi bebas dari desa dengan predikat berkembang dan tertinggal. Semua desa di Banyuwangi berstatus desa maju (51 desa) dan mandiri (138 desa).

“Bahkan ada tiga desa melompat dari berkembang ke mandiri.10 desa naik kelas dari berkembang ke maju. 46 desa naik kelas dari maju ke mandiri. Selain itu dua desa di Banyuwangi masuk 10 besar nasional,” urai Ipuk.

“Berkat kerja keras kades pula, mitigasi angka kemiskinan selama masa pandemi Covid-19 di Banyuwangi terendah di Jawa Timur. Dengan berbagai program yang diterapkan di desa-desa, selama masa pandemi (2020-2021) hanya naik 0,01 persen,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *