Sabtu, Oktober 26BANYUWANGINET
Shadow

Rute Penerbangan Baru Banyuwangi-Sumenep Hanya 50 Menit

Rute Penerbangan Baru Banyuwangi-Sumenep Hanya 50 Menit
foto:https://www.susiair.com: Cessna Grand Caravan

BANYUWANGI-Konektivitas Banyuwangi kian bertambah. Kini terdapat rute penerbangan baru Banyuwangi-Sumenep. Maskapai penerbangan Susi Air, membuka rute penerbangan langsung (direct flight) Banyuwangi-Sumenep Madura. Dengan demikian jarak tempuh Sumenep ke Banyuwangi hanya ditempuh 50 menit.

“Dengan rute rute penerbangan baru Banyuwangi-Sumenep ini, akan membuat transportasi Banyuwangi-Sumenep dan sebaliknya kian mudah dan cepat. Biasanya ditempuh berjam-jam, kini hanya memakan waktu tidak sampai satu jam,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (9/1/2022).

“Semoga ini bisa menambah tingkat kunjungan ke Banyuwangi dan juga Sumenep, sehingga turut meningkatkan perekonomian kedua wilayah. Kawasan sekitar Banyuwangi seperti Jember, Situbondo, Bondowoso, juga bisa memanfaatkan rute penerbangan baru ini untuk menuju Madura,” tambah Ipuk.

Baca Juga:

Nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Banyuwangi 2021 Salah Satu Terbaik se-Indonesia

Jadwal penerbangan Banyuwangi-Sumenep ini akan dilayani oleh maskapai Susi Air, dua kali dalam seminggu. Yakni Sumenep-Banyuwangi tiap Selasa pukul 12.20 WIB tiba 13.00 WIB, dan tiap Rabu pukul 10.40 WIB tiba 11.20 WIB. Sementara jadwal penerbangan Banyuwangi-Sumenep tiap Selasa pukul 13.10 WIB tiba 13.50 WIB, dan Rabu 11.30 WIB tiba 12.10 WIB.

Baca Juga:

Malam Tahun Baru 2022, Banyuwangi Sepi!

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Dwi Yanto mengatakan, rute penerbangan ini bisa menjadi alternatif transportasi dan memangkas waktu perjalanan yang biasa digunakan yakni darat dan laut.

Biasanya transportasi darat Banyuwangi-Sumenep membutuhkan waktu hingga 13 jam bahkan lebih. Sementara untuk transportasi laut membutuhkan waktu 7 jam perjalanan. “Sementara dengan penerbangan ini hanya ditempuh 50 menit,” kata Dwi.

Dwi menjelaskan untuk segmen penumpang dari penerbangan ini adalah pelaku usaha, wisatawan, dan birokrasi. Harga tiket yang ditawarkan juga relatif murah sekitar Rp 300.000, menggunakan pesawat jenis Cessna Grand Caravan.

Dwi berharap dengan rute penerbangan baru ini, selanjutnya juga bisa ditindak lanjuti pengiriman kargo. “Harapan kami selanjutnya juga bisa ditindaklanjuti dengan kargo,” tambah Dwi.

Sementara Executive General Manager (EGM) Bandara Banyuwangi Cin Asmoro mengatakan, telah menerima surat pemberitahuan rute baru tersebut dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Trunojoyo Sumenep.

Bandara Banyuwangi memiliki peluang yang besar untuk pengoperasian pesawat-pesawat perintis seperti milik Susi Air. “Dengan rute penerbangan baru ini diharapkan bisa meningkatkan aksestabiltas dan ekonomi di dua kawasan tersebut,” kata Cin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *